Dasar - Dasar SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti suatu metode mengoptimisasikan posisi blog / website pada search engine. Memang harus saya akui, saya memang bukan pakar atau ahli dalam SEO. Tapi saya sudah sedikit mengerti tentang Dasar - dasar SEO.

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa dasar SEO yang saya ketahui.

1. META TAG

Apa sich meta tag itu?

Meta Tag adalah informasi yang berada pada baris yang berisi tentang Deskripsi blog, Keyword (kata kunci), Meta Content, Dll yang fungsinya untuk membantu search engine untuk mengkategorikan website / blog tersebut dengan benar.


2. KEYWORD
Keyword adalah kata-kata yang tidak boleh digunakan sebagai nama variabel, fungsi, prosedur, konstan dan lainnya, karena kata tersebut merupakan kata-kata yang telah dipesan oleh bahasa tersebut untuk melakukan perintah-perintah dasar. Masih bingung?


Ok, saya sederhanakan..

Keyword adalah sebuah rangkaian frase yang terletak pada META TAG yang berfungsi untuk mengidentifikasikan sebuah web pada search engine.


Keyword merupakan sebuah komponen terpenting dalam SEO karena melalui keyword-lah sebuah web dan blog bisa ditemukan oleh pengunjung lewat search engine. Semakin bagus kualitas keyword, semakin bagus pula lah posisi sebuah website pada search engine.

3. PAGE TITLE

PAGE TITLE adalah sebuah judul pada halaman web berada pada TAG dari sebuah permulaan kode HTML yang akan ditampilkan pada bagian paling atas pada browser.

Saat kamu membuka blog saya ini, maka akan tampil sebuah tulisan pada bagian paling atas browser akan muncul tulisan :

"Funinsert|Dapatkan kesenangan berinternet disini!"

Nah, itulah page title pada blog saya. Untuk bisa menampilkan page title pada blog saya, saya mengetikkan kode :


Ok, sejauh ini kamu mengerti penjelasan saya kan ? :)

4. ON-PAGE FACTORS

Faktor SEO yang mempengaruhi rank sebuah website pada search engine terletak pada element yang terkandung pada sebuah situs tersebut seperti content, keyword, title tag, link navigasi, dan kode.

5. OFF-PAGE FACTORS

Faktor inilah yang paling berbeda dengan hal - hal yang telah saya sebutkan diatas. Ternyata kepopuleran link sebuah situs pada situs - situs lain juga mempengaruhi rank sebuah situs pada search engine.

Jadi,semakin banyak kamu berkomentar, tukeran link, ato melakukan segala sesuatu yang tujuannya menyebarkan link, akan meningkatkan posisi website kamu pada search engine.

Apabila kamu hendak melakukan pertukaran link dengan situs lain, usahakan tukaran link dengan situs yang mempunyai page rank yang tinggi. Minimal punya page rank 2 lah.

Saya sarankan setiap hari kamu menebar link mu minimal sekitar 15 link pada website - website ber-page rank tinggi. Itu akan mempertinggi posisi websitemu pada search engine.


Akhirnya selesai juga artikel ini. Saya telah menyebutkan hal - hal yang saya tahu mengenai dasar - dasar SEO.


Apabila ada kesalahan, ato ada yang ingin ditambahkan, silakan comment :)


Thanks n semoga berguna buat kamu :)

Red: http://funinsert.blogspot.com

0 komentar: